Ringkasan Jenis - Jenis Sistem Informasi Management

Enterprise Resource Planning (ERP) 


ERP (Enterprise Resource Planning) adalah sebuah konsep untuk merencanakan dan mengelola sumber daya perusahaan meliputi dana, manusia, mesin, suku cadang, waktu, material dan kapasitas yang berpengaruh luas mulai dari manajemen paling atas hingga operasional di sebuah perusahaan agar dapat dimanfaatkan secara optimal untuk menghasilkan nilai tambah bagi seluruh pihak yang berkepentingan (stake holder) atas perusahaan tersebut.

Karakteristik  ERP
Sistem dalam ERP tentunya memiliki karakteristik khas, yang menggambarkan software itu sendiri. Karakteristik tersebut adalah:
  1. Sebuah software yang sengaja di design di server tradisional dan web. Server tradisional yaitu berbentuk aplikasi yang bisa diletakan pada desktop komputer, dan bisa digunakan secara offline. Server berbasis web biasanya harus di akses secara online, sehingga membutuhkan koneksi internet yang baik.
  2. Mengintegrasikan proses bisnis yang bersangkutan dalam perusahaan.  Menghubungkan 1 data dengan data lain, yang berarti mengubah 1 data sama dengan mengubah data lain yang berkaitan dengan data tersebut.
  3. Memproses seluruh transaksi perusahaan sesuai dengan yang telah ditetapkan sebelumnya. Jika sistem ERP yang digunakan adalah akuntansi, maka seluruh transaksi berupa keuangan moneter akan di proses oleh software.
  4. Menggunakan database skala enterprise untuk penyimpanan data. Menjamin kemanan data, sehingga semua data perusahaan dapat tersimpan dengan baik. Data yang dapat ditampung cukup banyak dan tidak akan mempengaruhi proses penggunaan ERP.
  5. Memberikan ijin bagi user untuk mengakses data secara real time. User yang mengakses adalah yang memiliki hak atau ijin. Tidak semua user bisa dengan leluasa masuk dalam ERP.
PT. Semen Gresik adalah perusahaan bergerak di industri semen, yang didirikan sejak tahun 1957. Pada bulan Juni tahun 2001, ERP mulai diaplikasikan untuk mendukung bisnis proses yang ada di Semen Gresik dengan penerapan pertama kali dilakukan di bagian finansial. Dengan berjalannya waktu, implementasi dilakukan di bagian penjualan dan kemudian di bagian manufakturing.

Proses implementasi dalam PT.Semen Gresik adalah sebagai berikut :
  • Mendefinisikan rencana proyek yang realistis dan melaksanakan perubahan proses bisnis sesuai tujuan perusahaan.
  • Melaksanakan tahap-tahap pengembangan dan penerapan sistem dengan sebaik-baiknya, sesuai dengan target waktu yang ditentukan.
  • Mengusulkan penunjukan konsultan dan penetapan platform Sistem Informasi Perusahaan.
  • Menyusun rencana anggaran dan melaporkan realisasi biaya proyek.
  • Melaksanakan pengadaan barang dan jasa dalam batas-batas tertentu yang ditetapkan oleh direksi.
  • Membuat laporan manajemen secara berkala dan menyusun dokumentasi proyek.


Supply Chain Management (SCM)

Manajemen Rantai Pasokan atau disebut Supply Chain Management merupakan pengelolaan rantai siklus yang lengkap mulai bahan mentah dari para supplier, ke kegiatan operasional di perusahaan, berlanjut ke distribusi sampai kepada konsumen. Istilah supply chain management pertama kali dikemukakan oleh Oliver dan Weber pada tahun 1982. Supply chain adalah jaringan fisiknya, yakni perusahaan–perusahaan yang terlibat dalam memasok bahan baku, memproduksi barang, maupun mengirimkannya ke pemakai akhir, supply chain management adalah metode, alat, atau pendekatan pengelolaannya.

KEUNTUNGAN DARI SUPPLY CHAIN MANAGEMENT
  • Menjadi mediasi pasar.
  • Dapat menekan biaya produksi. 
  • Pemanfaatan aset perusahaan dengan maksimal.

KEKURANGAN DARI SUPPLY CHAIN MANAGEMENT
  • Perubahan permintaan konsumen.
  • Transit delay yang tidak diharapkan. 
  • Permasalahan pemasok, yang berakibat pada penundaan pemenuhan material atau komponen. 
  • Kekurangan pergudangan yang menyebabkan penundaan dalam pengiriman barang ke konsumen.

CONTOH PENERAPAN SCM YANG ADA
1. PT Carrefour Indonesia
Dalam proses rantai pasokan , carrefour menerapkan konsep Just-In Time (JIT)
Pada pusat distribusi yang bertujuan mengefisiensikan proses sehingga tidak perlu adanya stok dalam pusat distribusi. Metode ini memungkinkan prosesnya lebih transparan dalam distribusi produk karena tidak ada produk yang tertinggal di gudang.

2. PT Frisian Flag Indonesia
Perusahaan ini mengaplikasikan electronic-Supply Chain Management (e-SCM) yang dikembangkan oleh sistem secondary sales berbasis web untuk 150 distributor di indonesia.

3. WAL-MART
Strategi wal-mart adalah dengan cara melakukan pengiriman inventory dari pabrikan langsung ke toko-toko jaringan milik wal-mart. Dalam fasilitas jumlah warehouse milik wal-mart cenderung sedikit mereka akan membangun warehouse bila permintaan tinggi.
 

Transaction Processing System (TPS)

Sistem Pemrosesan Transaksi (Transaction Processing System disingkat TPS) adalah sistem yang menjadi pintu utama dalam pengumpulan dan pengolahan data pada suatu organisasi. Sistem yang ber-interaksi langsung dengan sumber data (misalnya pelanggan) adalah sistem pengolahan transaksi, dimana data transaksi sehari-hari yang mendukung operasional organisasi dilakukan. Tugas utama TPS adalah mengumpulkan dan mempersiapkan data untuk keperluan sistem informasi yang lain dalam organisasi,misalnya untuk kebutuhan sistem informasi manajemen, atau kebutuhan sistem informasi eksekutif.


Penerapan Transaction Processing System (TPS)
Salah satu bentuk penerapan Transaction Processing System (TPS) yaitu dilakukan pada sistem Bank Mandiri yaitu bernama Mandiri Eletronic Foreign Exchange (Mandiri E- FX). Mandiri E-FX ini adalah fasilitas bagi para nasabah dan juga cabang Bank Mandiri untuk melakukan transaksi valuta asing berbasis platform electronic banking.

Karena fasilitas Mandiri E-FX ini berbasis web, maka para nasabah Bank Mandiri dapat mengetahui harga valuta asing terkini yang terus berubah mengikuti perkembangan harga pasar valas tersebut melalui website Mandiri E- FX, sehingga kurs yang ditampilkan adalah kurs Real Time. Kurs valuta asing yang disediakan dalam website tersebut berdasarkan data yang terdapat dalam Data Reuters.

Selain itu Bank Mandiri juga mempunyai fasilitas layanan lainnya yaitu:
1. Layanan Autodebet
Layanan autodebet ini membantu dalam melakukan pembayaran berbagai tagihan rutin bulanan, seperti air, listrik, telepon, handphone, kartu kredit atau tagihan lainnya secara otomatis setiap bulannya sehingga terhindar dari tunggakan tagihan.

2. Layanan Automatic Fund Transfer (AFT)
Layanan AFT membantu dalam melakukan transfer dana rutin secara otomatis kepada keluarga atau mitra bisnis sehingga tidak perlu khawatir jika pembayaran kewajiban terlupakan. Fitur transaksi yang disediakan oleh Bank Mandiri :

  

 3. Mandiri Internet  


 4. Mandiri Internet Bisnis 



5. Mandiri SMS
Layanan SMS Banking Mandiri memiliki banyak manfaat serta memberikan banyak kemudahan kepada para penggunanya. Layanan ini mempermudah melakukan transaksi tranfer, cek saldo, beli pulsa, bayar tagihan listrik, bayar tagihan telepon, bayar tagihan kartu kredit, dan lainnya.


6. Mandiri Clikpay

Membantu nasabah yang telah terdaftar pada layanan mandiri internet untuk melakukan transaksi pembayaran/pembelian online di situs merchant yang telah bekerja sama dengan Bank Mandiri. 


Office Automation System (OAS)  

Office Automation System (OAS) penggunaan alat elektronik untuk memudahkan komunikasi formal dan informal terutama berkaitan dengan komunikasi informasi dengan orang-orang di dalam dan di luar perusahaan untuk meningkatkan produktivitas kerja. Otomatisasi kantor dimulai pada tahun 1964, ketika IBM memasarkan mesin yang disebut Magnetic Tape / Selectric Typewriter ( MT/ST) yaitu mesin ketik yang dapat mengetik kata-kata yang telah direkam dalam pita magnetik secara otomatis.

Contoh dari Office Automation System (OAS)
OAS yaitu aplikasi teknologi informasi yang di desain untuk meningkatkan produktifitas pekerjaan di kantor dengan dukungan koordinasi dan aktivitas komunikasi.
  • Electronic Mail, komunikasi surat menyurat melalui elektronik / internet.
  • Voice Mailing System, komunikasi suara yang dapatdisimpan dalam memori dengan menggunakan telepon atau komputer.
  • Voice Information Services, adalah alat yang berguna untukmemberikan jawaban tentang informasi yang dibutuhkanoleh pemakai telepon. Informasi yang diberikan hanyalahinformasi yang telah disediakan, dimana pemakai dituntuoleh menu yang berupa suara pula. Contoh no.109 untukinformasi tagihan telepon.
  • Fax Information Services, mirip voice inf.services, tetapiinformasi yang dikirirm dalam bentuk fax. FIS juga dapatmengunakan komputer.


Knowledge Work System ( KWS )

Knowledge Work System adalah aplikasi komputer yang dirancang untuk membantu “knowledge workers ” (profesional yang menggunakan informasi sebagai input utama mereka dan yang utama produk informasi yang distilasi) untuk menangkap dan mengatur informasi pekerjaan aktivitas, dan untuk belajar, memprioritaskan , dan melaksanakan tugas-tugas mereka lebih efisien dan efektif.

KWS mengintegrasikan metode dan teknologi dari disiplin ilmu manajemen informasi, alur kerja, penjadwalan kerja, agen perangkat lunak, dan pengukuran kerja menjadi “Dukungan Kinerja Lingkungan.” KWS meningkatkan produktivitas dengan memberikan informasi tugas spesifik yang diperlukan, dan dengan berasosiasi semua alat otomatis, agen perangkat lunak, dan referensi dokumen multimedia yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas tertentu.

Tujuan Knowledge Management
Tujuan dari knowledge management adalah sebagai berikut :
  • Penghematan waktu dan biaya. Dengan adanya sumber pengetahuan yang terstruktur dengan baik, maka perusahaan akan dengan mudah untuk menggunakan pengetahuan tersebut untuk konteks lainnya, sehingga perusahaan juga bisa menghemat waktu dan biaya yang ada.
  • Peningkatan asset pengetahuaan. Sumber pengetahuan akan memberikan kemudahan bagi setiap karyawan untuk memanfaatkannya, sehingga proses pemanfaatan pengetahuan dilingkungan perusahaan akan meningkat, dan pada akhirnya proses kreatifitas dan inovasi akan terdorong lebih luas dan setip karyawan dapat meningkatkan kompetensinya.
  • Kemampuan beradaptasi. Sebuah perusahaan akan dapat dengan mudah berdaptasi denfan perubahan lingkungan bisnis yang terjadi disekitarnya.
  • Peningkatan produktifitas. Pengetahuan yang sudah ada dapat digunakan ulang untuk proses atau produk yang akan dikembangkan, sehingga produktifitas dari sebuah persuhaan akan meningkat.
Jadi tujuan dari knowledge management ini adalah berusaha menghemat waktu yang ada dan memanfaatkan setiap peluang serta mudah beradaptasi terhadap setiap peluang bisnis yang ada.

Manfaat Knowledge Management
Knowledge management memberikan beberapa manfaat sebagai berikut :
  1. Meningkatkan pemgambilan keputusan. Pengambilan keputusan yang diambil berdasarkan informasi serta pengalaman yang sudah ditinjau dari berbagai aspek.
  2. Meningkatkan efisiensi kerja dan proses. Efisiensi kerja dan proses selalu dievaluasi agar sebuah organisasi dapat bekerja lebih cerdas dan memanfaatkan waktunya dengan baik.
  3. Meningkatkan respon terhadap pelanggan. Respon terhadap pelanggan tidak hanya menjadi tanggung jawab bagi customer service saat ini tetapi juga menjadi bagian dari tanggung jawab perusahaan.
  4. Meningkatkan jumlah produk atau jasa serta meningkatkan kemampuan didalam berinovasi. Yaitu bagaimana penciptaan sebuah invoasi bukan hanya menjadi tanggung jawab dari para peneliti dan pegembang dan sudah menjadi bagian dari tanggung jawab sebuah perusahaan dalam upaya pengembangan suatu produknya.
Penerapan Knowledge Management di PT Unilever Indonesia Tbk
Penerapan knowledge management yang dilakukan oleh PT Unilever Indonesia adalah
  •  Komunikasi pemasaran yang bersifat One-Voice
Penjelasan One-Voice adalah walaupun system komunikasi yang digunakan oleh perusahaan berbeda-beda tetapi jika sudah dikoordinasi dan memiliki misi yang tepat maka akan mudah meraih konsumen. Sistem komunikasi ini bukan hanya untuk menigkatkan pencitraan suatu produk tetapi juga harus menimbulkan hasil penjualan yang baik dari produk yang telah dipasarkan.
  • Pengembangan SDM
Didalam bagian ini karyawan ada asset yang berharga bagi Unilever Indonesia. Karena itu Unilever Indonesia membuat strategi dan system huma capital yang bersifat komprehensif. Hal-hal yang dilakukan adalahmembaut Performance Development Program (PDP) yaitu dimana karyawan melakukan perkejaannya sesuai dengan kemampuannya, setiap pertengahan tahun PDP dimonitor melalu Continuos Improvement Discussion (CID) untuk membahas hal-hal yang diperlukan utnuk pengembangan system kerja dari karyawan.
  • Budaya Coaching
Budaya Coaching disini menjelaskan bahwa seorang senior manager ditempatkan disuatu department untuk membantu atau memimpin karyawan-karyawan yang tergabung didalam departementnya. Tetapi sebelum menjadi coach mereka diberikan pelatihan terlebih dahulu agar mengetahui teknik-tekniknya. Budaya coaching ini diberi nama Building Leaders as Generative Coaches.
  • Budaya Sharing Knowledge
Disini menjelaskan Unilever Indonesia menunjuk seorang senior manager untuk menjadi learning champion dengan sukarela untuk membagi pengalaman dan pengetahuan mereka didalam ahlinya masing-masing. Dan hal-hal yang dilakukan oleh Unilever Indonesia adalah :
  1. Suatu achievement bagai management dan karyawan yang berkontribusi dalam membagi pengetahuan dan pengalamannya.
  2. Retrospect berupa program penulisan tacit yang diperoleh dari pengalamannya dan dianggap baik terus akan dipublikasikan didalam situs department mereka.
  3. SOLAR (Share of Learning and Discussion) yang dimana pemimpin perusahaan Uniliver Indonesia dari luar dating sebagai narasumber untuk membagikan pengetahuan dan pengalamannya.
  4. Good idea. Ini merupakan inisiatif yang memfasilitasi karyawan untuk menyampaikan suatu ide sederhana yang dapat menguntungkan perusahaan dari berbagai sisi.
Informatic Manajement System (IMS)

Sistem Informasi Manajemen adalah sistem informasi yang dibutuhkan sebuah organisasi dengan pengolahan seluruh transaksi yang mendukung fungsi manajemen dalam pengambilan sebuah keputusan.

Sistem Informasi Manajemen meliputi metode dan upaya yang terorganisasi dalam menjalankan fungsi pengumpulan data baik dari dalam atau dari luar organsasi dan mempergunakan komputer dalam prosesnya untuk bisa menghasilkan lalu menyajikan informasi kekinian, akurat, tepat, dan cepat untuk semua pihak yang berkepentingan dalam pengambilan sebuah keputusan manajemen

Beberapa manfaat dari Sistem Informasi Manajemen diantaranya :
  1. Menjamin tersedianya kualitas dan keterampilan dalam memanfaatkan sistem informasi secara kritis.
  2. Mengembangkan proses perencanaan yang efektif.
  3. Mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan akan keterampilan pendukung sistem informasi.
  4. Dunia perhotelan menggunakan sistem informasi manajemen yang digunakan untuk mengolah data serta memberikan informasi yang akurat mengenai situasi atau keadaan hotel kepada pengunjung atau costumer.
Untuk lebih jelas nya perhatikan gambar Program Aplikasi / Software Reservasi Hotel Sederhana dibawah ini :

program-aplikasi-software-reservasi-hotel-sederhana-vb.net_

Adapun keuntungan yang diperoleh dengan adanya penerapan Sistem Informasi Manajemen dalam dunia perhotelan adalah :

  • Memudahkan petugas front office hotel dalam menangani semua informasi kamar, tamu dan pengunjung hotel, serta membuat laporan rutin yang diperlukan. Penghematan waktu dan tenaga dapat mendorong pelayanan tamu dan pengunjung menjadi lebih maksimal.
  • Memudahkan Pengelola/Manajer Hotel dalam mengevaluasi kemajuan penerimaan/pendapatan hotel sehingga dapat mengambil keputusan yang tepat dan cepat untuk terus meningkatkan pendapatan tersebut dalam bentuk promosi atau pelayanan lainnya.
  • Dapat melayani tamu, pengunjung dan pengguna jasa hotel lainnya secara cepat dan memuaskan sehingga menimbulkan image yang baik terhadap hotel sehingga mereka akan kembali lagi ataupun menginformasikan kepada orang lain tentang kepuasan pelayanan yang diterimanya.

Keunggulannya apabila diterapkan dalam dunia perhotelan yaitu :
  1. Dapat menolong perusahaan untuk meningkatkan efisiensi operasional
  2. Memperkenalkan inovasi dalam bisnis
  3. Membangun sumber-sumber informasi strategis.

Kelemahannya apabila diterapkan dalam dunia perhotelan yaitu :
  1. Dapat memberikan dampak bagi lingkungan sosial seperti pengurangan tenaga kerja, sehingga dapat menambah angka pengangguran.
  2. Selain itu dengan adanya SIM tersebut membuat ketergantungan manusia terhadap SIM tersebut, sehingga mengesampingkan rasionalitas manusia itu sendiri.
 Decision Support System (DSS)
Decision Support System (DSS) merupakan salah satu produk perangkat lunak yang dikembangkan secara khusus untuk membantu manajemen dalam proses pengambil keputusan. Sesuai namanya, tujuan digunakannya system ini adalah sebagai “second opinion” atau “information source” yang dapat dipakai sebagai bahan pertimbangan sebelum seorang manajermemutuskan kebijakan tertentu.

Jenis-jenis DSS menurut tingkat kerumitan dan tingkat dukungan pemecahan masalahnya adalah sebagai berikut:

  • Mengambil elemen-elemen informasi.
  • Menganalisis seluruh file.
  • Memperkirakan akibat keputusan
  • Menyiapkan laporan dari berbagai file.
  • Mengusulkan keputusan.
  • Membuat Keputusan.

Dampak Pemanfaatan Decision Support System
Dampak dari pemanfaatan Decision Support System (DSS) antara lain:
1) Masalah-masalah semi struktur dapat dipecahkan.
2) Problem yang kompleks dapat diselesaikan.
3) Sistem dapat berinteraksi dengan pemakainya.
4) Dibandingkan dengan pengambilan keputusan secara intuisi, pengambilan keputusan dengan DSS dinilai lebih cepat dan hasilnya lebih baik.
5) Menghasilkan acuan data untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh manajer yang kurang berpengalaman.
6) Untuk masalah yang berulang, DSS dapat memberi keputusan yang lebih efektif.
7) Fasilitas untuk mengambil data, dapat memberikan kesempatan bagi beberapa manajer untuk berkomunikasi dengan lebih baik.

Artificial Intelligence (AI)

KEPINTARAN BUATAN atau AI (Artificial Intelligence) adalah teknologi sains yang merupakan gabungan dari berbagai displin ilmu seperti teknik komputer, psikologi, bahasa program, matematika, fisika dan sebagainya Tujuan utama mewujudkan AI adalah untuk membangunkan sistem komputer yang dapat berfikir, mendengar, melihat, berjalan, menyentuh dan merasa. Ringkasnya AI adalah satu usaha untuk memindahkan ciri-ciri pemikiran manusia kedalam bentuk mesin yang mampu menemukan, menganalisa dan menyelesaikan masalah.
Kelebihan
  1. AI bersifat permanen. maksudnya kecerdasan mereka dapat digunakan berulang2.
  2. AI menawarkan kemudahan. tentunya karena berbagai data dari kecerdasan manusia telah disimpan di AI, kita jadi bisa mudah mengaksesnya lagi.
  3. AI bersifat konsisten dan teliti. jadi kecerdasan mereka itu tidak akan pernah berkurang.
  4. AI dapat didokumentasi. dapat disimpan entah diarsipkan ataupun berupa panduan untuk generasi berikutnya.

Kekurangan
  1. AI tidak memiliki common sense. common sense sendiri merupakan sesuatu yang membuat kita tidak sekedar memproses informasi, namun kita mengerti informasi tersebut. Kemengertian ini hanya dimiliki oleh kita sebagai manusia.
  2. Kecerdasan AI terbatas pada apa yang diberikan kepadanya (terbatas pada program yang diberikan). Alat teknologi artificial intelligence tidak dapat mengolah informasi yang tidak ada dalam sistemnya. Sebagaimana sistem yang hanya digunakan untuk mengenali suara manusia dalam bahasa indonesia, selamanya tidak akan pernah mampu mengenali bahasa yunani tanpa ada fungsi didalamnya.

Implementasi dari Artificial Intelligence​
  1. Siri



Siri adalah salah satu asisten pribadi virtual paling populer yang ditawarkan oleh Apple di iPhone dan iPad. Asisten yang diaktifkan sebagai suara perempuan ramah berinteraksi dengan pengguna dalam rutinitas sehari-hari. Dia membantu Anda menemukan informasi, mendapatkan petunjuk arah, mengirim pesan, melakukan panggilan suara, membuka aplikasi, dan menambahkan acara ke kalender.

Siri menggunakan teknologi pembelajaran mesin untuk mendapatkan pertanyaan dan permintaan bahasa alami yang lebih cerdas dan mampu memahami. Ini pasti salah satu contoh paling ikon dari kemampuan belajar pada mesin smartphone.

  1. Tesla


Tidak hanya smartphone tetapi mobil juga sudah bergeser ke arah Artificial Intelligence. Tesla adalah sesuatu yang meniadakan driver manusia. Ini adalah salah satu teknologi mobil terbaik yang tersedia sampai sekarang. Mobil ini tidak hanya mampu meraih banyak penghargaan tetapi juga fitur seperti mengemudi sendiri, kemampuan prediktif, dan inovasi teknologi mutlak.

Jika Anda seorang pecandu teknologi dan bermimpi memiliki mobil seperti yang ditampilkan di film-film Hollywood, Tesla adalah salah satu yang contoh teknologi mobil canggih.


Computer Supported Cooperative Work (CSCW)

CSCW (Computer Supported Cooperative Work) adalah penggunaan komputer dan software untuk melaksanakan pekerjaan secara bersama dalam sebuah group di mana setiap anggota group menyadari kehadiran anggota lain pada group.Computer-supported cooperative work (CSCW) merupakan suatu group user yaitu bagaimana cara merancang suatu system yang digunakan untuk membantu pekerjaan sebagai suatu group dan bagaimana memahami dampak dari suatu teknologi pada pola pekerjaan mereka. HCI berasal dari ilmu psychology-computing sedangkan CSCW bersumbu pada sociology-computing. CSCW merupakan suatu system komputer yang mendukung pekerjaan sebagai suatu group yang dikenal dengan istilah groupware.

Contoh yang digunakan pada CSCW adalah
  • Kaloborasi para Ilmuwan yang bekerja sama pada suatu proyek
  • Pengarang mengedit suatu dokumen bersama-sama
  • Programmer suatu sistem secara bersamaan
  • Bekerja sama sebagai sharing atas suatu video bersama yang conferencing aplikasi
  • Para pembeli dan para penjual melakukan transaksi secara eBay

Group Decision Support System (GDSS)

Bila kelompok perlu bekerja bersama-sama untuk membuat keputusan semi- terstruktur dan tak-terstruktur, maka group Decision support System membuat suatu solusi. Group Decision Support System (GDSS), yang digunakan di ruang khusus yang dilengkapi dengan sejumlah konfigurasi yang berbeda-beda, memungkinkan anggota kelompok berinteraksi dengan pendukung elektronik- seringnya dalam bentuk perangkat lunak khusus-dan suatu fasilitator kelompok khusus. GDSS dimaksudkan untuk membawa kelompok bersama – samamenyelesaikan masalah dengan memberi bantuan dalam bentuk pendapat, kuesioner, konsultasi, dan skenario. Perangkat lunak GDSS dirancang untuk meminimal kan perilaku kelompok negatif tertentu seperti kurangnya partisipasi berkaitan dengan kekhawatiran atau tindakan balasan untuk menyatakan bahwa sudut pandang tidak dikenal, domonasi oleh anggota kelompok vokal, dan

pembuatan keputusan ‘group think’. Kadang-kadang GDSS dibahas menurut istilah yang lebih umum Computer Supported Collaborative Work (CSCW), yang mencakup pendukung perangkat lunak yang disebut ‘groupware’ untuk kolaborasi tim melalui komputer yang terhubung dengan jaringan.

Executive Support System (ESS)

Executive Information System (EIS) atau disebut juga sebagai Executive Support System (ESS) adalah sistem berbasis komputer yang interaktif, yang memungkinkan pihak eksekutif untuk mengakses data dan informasi, sehingga dapat dilakukan pengidentifikasian masalah, pengeksplorasian solusi, dan menjadi dasar dalam proses perencanaan yang sifatnya strategis.

Keuntungan Menggunakan Executive Support System (ESS)
  • Mudah bagi eksekutif tingkat atas untuk menggunakannya
  • Mampu menganalisa tren 
  • Augmentation kemampuan kepemimpinan manajer 
  • Tingkatkan pemikiran pribadi dan pengambilan keputusan 
  • Kontribusi fleksibilitas kontrol strategis 
  • Meningkatkan daya saing organisasi di pasar 
  • Instrumen perubahan 
  • Meningkatnya wawasan waktu eksekutif. 
  • Sistem pelaporan yang lebih baik 
  • Peningkatan model mental eksekutif bisnis
  • Membantu meningkatkan pembangunan konsensus dan komunikasi
  • Perbaiki otomasi kantor 
  • Kurangi waktu untuk mencari informasi 
  • Identifikasi awal kinerja perusahaan 
  • Detail pemeriksaan faktor keberhasilan kritis 
  • Pemahaman yang lebih baik 
  • Manajemen waktu Peningkatan kapasitas dan kualitas komunikasi

Kekurangan dari Executive Support System (ESS)
  • Fungsi terbatas
  • Sulit untuk mengukur manfaat 
  • Eksekutif mungkin menghadapi informasi yang berlebihan 
  • Sistem bisa menjadi lambat 
  • Sulit menyimpan data terkini 
  • Dapat menyebabkan data yang kurang valid dan tidak aman 
  • Tidak cocok untuk perusahaan kecil
Karakteristik dari Executive Support System (ESS)

ESS tergantung pada informasi yang dihasilkan TPS dan SIM dan ESS membantu eksekutif mengatur interaksinya dengan lingkungan eksternal dengan menyediakan grafik-grafik dan pendukung komunikasi di tempat-tempat yang bisa diakses seperti kantor
dan merupakan sistem informasi yang mengarah pada pengambilan keputusan yang tidak terstruktur melalui tampilan grafik dan komunikasi.

Expert System (ES)

Sistem pakar (expert system) adalah sistem yang berusaha mengapdosi pengetahuan manusia ke komputer, agar komputer dapat menyelesaikan masalah seperti yang biasa dilakukan oleh para ahli. Sistem pakar yang baik dirancang agar dapat menyelesaikan suatu permasalahan tertentu dengan meniru kerja dari para ahli.

Kelebihan Expert System (ES) :
  1. Memungkinkan orang awam bisa mengerjakan pekerjaan para ahli
  2. Bisa melakukan proses secara berulang secara otomatis 
  3. Menyimpan pengetahuan dan keahlian para pakar 
  4. Mampu mengambil dan melestarikan keahlian para pakar (terutama yang termasuk keahlian langka) 
  5. Mampu beroperasi dalam lingkungan yang berbahaya 
  6. Memiliki kemampuan untuk bekerja dengan informasi yang tidak lengkap dan mengandung ketidakpastian. Pengguna bisa merespon dengan jawaban ’tidak tahu’ atau ’tidak yakin’ pada satu atau lebih pertanyaan selama konsultasi dan sistem pakar tetap akan memberikan jawaban. 
  7. Tidak memerlukan biaya saat tidak digunakan 
  8. Dapat digandakan (diperbanyak) sesuai kebutuhan dengan waktu yang minimal dan sedikit biaya 9. Dapat memecahkan masalah lebih cepat daripada kemampuan manusia dengan catatan menggunakan data yang sama. 
  9. Menghemat waktu dalam pengambilan keputusan 
  10. Meningkatkan kualitas dan produktivitas karena dapat memberi nasehat yang konsisten dan mengurangi kesalahan 
  11. Meningkatkan kapabilitas sistem terkomputerisasi yang lain. 
  12. Mampu menyediakan pelatihan. Pengguna pemula yang bekerja dengan sistem pakar akan menjadi lebih berpengalaman. Fasilitas penjelas dapat berfungsi sebagai guru.
Kelemahan Expert System (ES):
  1. Biaya yang diperlukan untuk membuat, memelihara, dan mengembangkannya sangat mahal
  2. Sulit dikembangkan 
  3. Sistem pakar tidak 100% benar 
  4. Pendekatan oleh setiap pakar untuk suatu situasi atau problem bisa berbeda-beda, meskipun sama-sama benar. 
  5. Transfer pengetahuan dapat bersifat subjektif dan bias 
  6. Kurangnya rasa percaya pengguna dapat menghalangi pemakaian sistem pakar
Implementasi Dari Expert System (ES)
  • Bidang Manajerial
Salah satu bagian dari Sistem Pakar adalah kemampuan untuk menjelaskan sebuah pemikiran. Pada saat sistem ini mengingat rantai pemikiran logisnya, seorang pemakai boleh meminta suatu penjelasan dari suatu masalah dan sistem akan meberikan beberapa faktor yang berhubungan dengan masalah yang ditanyakan oleh pengguna itu. Bagian ini meningkatkan kepercayaan para pemakai didalam memecahkan masalah menggunakan Sistem Pakar.
  • Bidang Psikologis
Salah satu implementasi yang diterapkan sistem pakar dalam bidang psikologi, yaitu untuk sistem pakar menentukan jenis gangguan perkembangan pada anak. Anak-anak merupakan fase yang paling rentan dan sangat perlu diperhatikan satu demi satu tahapan perkembangannya. Contoh satu bentuk gangguan perkembangan adalah conduct disorder. Conduct disorder adalah satu kelainan perilaku dimana anak sulit membedakan benar salah atau baik dan buruk, sehingga anak merasa tidak bersalah walaupun sudah berbuat kesalahan. Dampaknya akan sangat buruk bagi perkembangan sosial anak tersebut. Oleh karena itu dibangun suatu sistem pakar yang dapat membantu para pakar/psikolog anak untuk menentukan jenis gangguan perkembangan pada anak dengan menggunakan metode Certainty Factor (CF).
Newest
Previous
Next Post »