Materi Telnet & SSH


Materi yang akan saya bahas pada postingan kali ini membahas soal Telnet & SSH. Materi ini mungkun sudah tidak asing lagi bagi orang yang memanajemen suatu jaringan. Dan mungkin ada juga yang masih belum mengetahui apa itu Telnet? dan apa itu SSH?. Untuk saya akan mencoba untuk menjelaskan apa itu telnet dan ssh, apa perbedaannya, fungsi, cara kerja dan lain-lain.

Pada postingan sebelumya (Materi FTP &SFTP), saya menyinggung soal SSH. yaa secara umum SSH masih berkaintan dengan protokol SFTP. kenapa ? karena, dalam melakukan kerjanya mentransfer data FTP menggunakan (melaui) protokol SSH. Berikut penjelasannya dari kedua protokol ini:


Pengertian TELNET


Defini telnet menurut Wikipedia adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan pada internet atau LAN (Local Area Network) untuk menyediakan fasilitas komunikasi berbasis teks interaksi dua arah yang menggunakan koneksi virtual terminal.

Telnet merupakan singkatan dari Telecommunications Network. Menurut saya telnet adalah protocol yang di aplikasikan yang memungkinkan pengguna untuk dapat melakukan remote (kontrol) dari jarak jauh. Dengan adanya telnet, dapat memudahkan pengguna agar dapat mengakses komputer walaupun dari jarak jauh sekalipun dengan meremotenya melalui jaringan internet. Dapat disimpulkan bahwa jaringan internet dibutuhkan pengguna agar dapat melakukan remote jarak jauh ke komputer tujuan menggunakan protokol telnet. Sehingga pengguna yang melakukan remote serasa seperti user yang mengoperasikan (menjalankan) aplikasi yang ada di komputer tujuan tersebut.

Port yang digunakan telnet adalah port 23. Protokol Telnet dalam melakukan kerja menggunakan konsep server dan client. Jadi ada yang bertindak sebagai server dan juga ada yang bertindak sebagai client. Program pada client digunakan untuk merequest layanan (fasilitas) kepada server, sedangkan program pada server digunakan untuk merespon request si client 

Fungsi Telnet
Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa, fungsi utama yang dimiliki Telnet adalah memberikan kemudakan bagi pengguna agar dapat mengakses komputer tujuan walaupun dari jarak jauh sekalipun dengan meremotenya melalui jaringan internet. Dengan begitu, dapat dikatakan bahwa telnet memberikan para pengguna berupa layanan (fasilitas) remote login. 

Kelebihan dan Kekurangan Telnet
adapun beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki telnet sebagai berikut:

  • Kelebihan Telnet
  • Dapat melakukan remote dari jarak jauh sekalipun sehingga pengguna seolah-olah memberikan command (perintah) pada command line pada komputer tujuan. 

  • Kekurangan Telnet
  • Tidak adanya metode enkripsi command/data saat data tersebut melalui jaringan internet. Jadi dapat disimpulan kekurangan dari telnet adalah pengamanan command data nya yang kurang secure (aman), sehingga memungkinkan terjadinya pencurian command/ data oleh orang yang tidak bertanggung jawab atau orang yang tidak bertanggung jawab dapat mengetahui isi command (perntah) yang dilakukan pengguna yang meremote.



    Pengertian SSH


    Definisi SSH menurut wikipedia adalah Sebuah protokol jaringan untuk melakukan komunikasi data secara aman, login antarmuka baris perintah, perintah eksekusi jarak jauh, dan layanan jaringan lainnya antara di jaringan komputer.

    SSH merupakan kependekan dari Secure Shell. Menurut saya SSH adalah protokol jaringan yang memungkinkan pengguna untuk dapat melakukan remote (kontrol) dari jarak jauh sekalipun secara aman. Selain itu, dengan adanya SSH, pengguna mendapatkan layanan jaringan berupa sistem komunikasi data, remote jarak jauh, dan lain-lain secara aman. SSH itu sendiri dirancang sebagai pengganti telnet yang dalam segi keamanan data kurang secure (aman). Dalam melalulan tugasnya yang memberikan layanan jaringan, SSH selalu melakukan enkripsi data pada setiap data agar terjaminnya keamanan dan kerahasian dari isi data tersebut. SSH ini banyak digunakan pada Sistem Operasi berbasis Linux dan Unix

    Port yang digunakan SSH adalah port 22. Protokol SSH dalam melakukan tugasnya menggunakan konsep server dan client. Jadi ada yang bertindak sebagai server dan juga ada yang bertindak sebagai client. Program pada client digunakan untuk merequest layanan (fasilitas) kepada server, sedangkan program pada server digunakan untuk merespon request si client .

    Fungsi SSH
    Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa, fungsi utama yang dimiliki SSH adalah menyediakan layanan jaringan berupa sistem komunikasi data, remote jarak jauh, dan lain-lain secara aman.

    Kelebihan SSH
    adapun beberapa kelebihan yang dimiliki SSH sebagai berikut:

  • Enkripsi data
  • Melakukan enkripsi data pada setiap data sehingga mencegah orang yang tidak bertanggung jawab mencoba untuk mendapatkan/mengetahui data tersebut 

  • Keamanan dan Kerahasian Data
  • Enkripsi yang digunakan oleh SSH dimaksudkan untuk memberkan keamanan dan kerahasaian selama data melaui jaringan yang tidak aman (jaringan internet)

  • Otentifikasi
  • Adanya pemastian authentication (pembuktian keaslian) pengiriman dan penerima benat dan sama.












    Cukup sekian materi Telnet & SSH yang dapat saya sharing. 

    Tunggu tutorial selanjutnya 
    Terima kasih sudah berkunjung.
    Mohon maaf jika ada kekurangan dan
    Semoga bermanfaat
    Previous
    Next Post »