Materi Jaringan || Proxy Server

Materi yang akan saya bahas pada postingan ini adalah mengenai Proxy Server. Akhir-akhir ini saya selaku admin blog ini selalu membahas istilah-istilah dalam jaringan yang patut diketahui oleh seseorang yang memanajemen suatu jaringan. Pada materi sebelumnya, saya sudah membahas soal VPN yang dalam arti tujuan VPN hampir sama dengan tujuan proxy server itu sendiri. Yaitu menyembunyikan (mengcover) identitas pengguna (alamat IP komputer asli) dari pengguna lain saat mengakses ke jaringan publik. Sehingga tidak ada yang dapat mengenali si pengguna tersebut. dari mana asalnya, dan apa yang dia akses. Akan tetapi, yang terlihat/diketahui dari pengguna lain bahwa si pengguna tersebut sedang mengkases ke server. Meskipun VPN dan Proxy mempunyai tujuan yang sama, akan tetapi fungsi dan cara kerja mereka yang berbeda.

Definisi dari Proxy Server
Proxy Server merupakan sebuah komputer server yang berperan sebagai perantara komputer pengguna dengan jaringan internet. Bisa dikatakan Proxy sebagai pihak ketiga yang berada diantara keduanya (pengguna dan internet). jadi keduanya tidak benar-benar secara langsung saling terhubung, akan tetapi keduanya terhubung dengan perantaranya yaitu proxy.
Proxy Server berbeda dengan VPN dalam hal cara kerja, Proxy tidak melakukan enkripsi data sedangkan VPN menggunakannya. Jadi saat pengguna mengakses ke internet menggunakan Proxy Server. Yang terlihat dari luar (pengguna lain) adalah IP proxy itu sendiri, bukan IP komputer pengguna yang asli. Akan  tetapi data yang pengguna akses tidak terenkripsi dengan menggunakan Proxy Server berbeda dengan VPN. Seperti gambar dibawah ini:


Terdapat 2 jenis protokol yang biasanya digunakan proxy server yaitu HTTP Proxy Server dan SOCKS Proxy Server.

Cara Kerja Proxy Server
Kalau mengenai cara kerja proxy server cukup mudah. jika dilihat dari pengertian dan gambar diatas. dapat disimpulkan bahwa cara kerja proxy sebagai penghubung antara pengguna (client) dan jaringan internet. Maksudnya, saat si client meminta data yang data tersebut adanya di server yang berada di internet. Maka Permintaan data terebut akan diteruskan proxy server ke servernya menggunakan ip si proxy bukan ip si komputer, maka yang terlihat si server tersebut bahwa si Proxy Server (ip si proxy) lah yang telah meminta data tersebut bukan si client. Setelah data tersebut telah didapat, maka proxy server akan mengirim data terebut ke client dan menyimpan data-data tersebut di server si proxy server. mekanisme penyimpanan tersebut disebut cache server. Jadi, jika si client meminta/mengakses data tersebut kembali. maka proxy server tidak perlu lagi untuk meminta data tersebut ke server aslinya di internet. jadi dapat mempercepat tranfer data

Fungsi dari Proxy Server
Secara umum, proxy mempunya 3 fungsi utama. Berikut penjelasan fungsi-fungsi yang dimiliki Proxy server:

  • Connection Sharing
  • Seperti definisi proxy diatas. Proxy itu sendiri berperan sebagai perantara antara pengguna dengan internet dalam melalukan pengiriman dan pengambilan data. Jadi Proxy server memiliki fungsi sebagai connection sharing (penghubung) antara si pengguna (client) dengan jaringan internet 

  • Filtering
  • Proxy server dapat dipasangkan/ menjadi firewall yang berfungsi untuk memfilter situs-situs website yang tidak patut diakses karena keamanannya yang kurang bahkan isi dari data website tersebut, sehingga pengguna (client) tidak dapat mengkases situs tersebut (pemblokiran) oleh Proxy server tersebut.

  • Caching
  • Proxy Server mempunyai fungsi sebagai media penyimpanan data-data yang sudah pernah diakses atau diminta oleh para pengguna. Mekanisme ini biasanya disebut dengan cache server. Dengan demikian, Jika si pengguna meminta/ingin mengakses sesuatu ke internet yang mengandung data yang sama dengan yang sudah diminta/diakses sebelumnya (yang sudah ada dalam cache server). Maka Proxy server akan dapat memberikan data yang diminta oleh pengguna tanpa harus meminta ulang dari server aslinya di internet. Bila data tersebut tidak ditemukan di dalam Cache server, baru proxy server memintanya ke server aslinya di internet.

    Manfaat dari Proxy Server
    Adapun manfaat yang didapatkan dari proxy server sebagai berikut :

  • Meningkatkan Kinerja Jaringan
  • Dari penjelasan fungsi Caching Proxy server diatas. Dapat disimpulkan bahwa mekanisme tersebut dapat mempercepat transfer data sehingga meningkatkat kinerja jaringan. Karena jika data yang diminta client ada didalam cache server. maka Proxy server tidak perlu memintanya lagi dari server aslinya di internet.

  • Filter Permintaan
  • Ini merupakan manfaat dari fungsi filtering yang dimiliki Proxy server. Karena proxy dapat melakukan pemfilteran pada data apa saja yang boleh diakses dan yang tidak boleh diakses. Sehingga jika kita ingin mengakses suatu situs website yang menurut Proxy server tidak layak/tidak boleh diakses maka situs tersebut tidak dapat diakses oleh kita (pemblokiran)

    Keuntungan Proxy Server
  • Terjaganya keamanan jaringan
  • Mempercepat transfer data, Karena Situs-situs yang sudak diakses sebelumnya, dapat diakses kembali tanpa harus memintanya lagi dari server aslinya di internet
  • Filtering data dari data yang tidak layak, tidak boleh di akses

  • Kekurangan Proxy Server
  • Lambatnya tranfer data saat situs yang belum pernah dibuka. karena Si proxy server harus meminta request dari client terlebih dahulu kepada server aslinya








  • Tunggu tutorial selanjutnya 
    Terima kasih sudah berkunjung.
    Mohon maaf jika ada kekurangan dan
    Semoga bermanfaat
    Previous
    Next Post »