Perintah - Perintah Dasar Command Prompt File Management Di Windows


Pada kesempatan kali ini, admin akan sharing mengenai materi tentang "Perintah - Perintah Dasar Command Prompt File Management Di Windows". Command Prompt yang disingkat CMD kalau dari pengertian wikipedia adalah adalah baris perintah penerjemah (baris perintah yang dieksekusi ke sistem operasi yang disediakan oleh Microsoft.

Jadi CMD adalah adalah tool bawaan yang sudah disediakan oleh microsoft yang bersifat Command Line Interface (CLI). CLI itu sendiri adalah antarmuka pada sistem operasi yang menggunakan baris perintah atau text. Dalam berinteraksi dengan sistem operasi pengguna hanya dapat menggunakan keyboard dengan cara mengetikan perintah (Command) tertentu.

Banyak hal yang dapat dilakukan dari CMD seperti mempercepat kecepatan koneksi internet kita, melihat alamat IP kita,mengatur time/waktu si komputer untuk shutdown atau restart,mengcopy / menyalin file, memindahkan file, mengubah nama dile dan menghapus file,dan lain - lain.

Dalam postingan kali ini, admin akan menjelaskan perintah - perintah dasar pada command prompt (CMD) mengenai file management seperti berpindah directory, menampilkan isi directory, menghapus directory, mengcopy / menyalin file, memindahkan file, mengubah nama dile dan menghapus file

Karena kita melakukan dengan CLI, jadi pertama tama masuk ke CMD


Berpindah Drive Dan Directory
Untuk berpindah drive di windows melalui cli dengan menggunakan CMD bisa menggunakan command sebagai berikut
[ Drive Yang Dituju : ]

Sedangkan untuk keluar dari directory bisa menggunakan command dibawah ini. kalau command yang ada tambahkan [ / ] tersebut untuk keluar directory terus keluar directory lagi sesuai berapa tanda tersebut di gunakan. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini :
cd..

Menampilkan Isi Directory
Untuk menampilkan / melihat isi dari directory bisa menggunakan command sebagai berikut :
dir

Membuat Directory
Untuk membuat sebuah directory di windows menggunakan CMD bisa menggunakan perintah dibawah ini. Penggunakan tanda [ "" ] tersebut digunakan jika nama directory terdiri dari beberapa kata ( menggunakan spasi ). Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini:
mkdir [ Nama Directory ]

Menghapus Directory
Untuk menghapus sebuah directory di windows menggunakan CMD bisa menggunakan perintah dibawah ini. Penggunakan tanda [ "" ] tersebut digunakan jika nama directory terdiri dari beberapa kata ( menggunakan spasi ). Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini:
rmdir [ Nama Directory ]

Membuat File
Untuk Membua sebuah file bisa menggunakan command di bawah ini. Disini admin membuat file dengan [ .txt ]. Lalu isi file txt tersebut. Jika mau save dan keluar dari file tersebut tekan " CTRL + Z " lalu tekan " ENTER ". Penggunakan tanda [ "" ] tersebut digunakan jika nama file terdiri dari beberapa kata ( menggunakan spasi ). Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini:
copy con [ Nama File ]

Menampilkan Isi File Berformat .txt
Untuk menampilkan isi file yang berformat txt melalui cmd, gunakan command dibawah ini Penggunakan tanda [ "" ] tersebut digunakan jika nama file terdiri dari beberapa kata ( menggunakan spasi ). Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini:
type [ Nama File ]

Mengubah Nama File
Untuk mengubah nama file gunakan perintah dibawah ini. Penggunakan tanda [ "" ] tersebut digunakan jika nama file terdiri dari beberapa kata ( menggunakan spasi ). Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini:
ren [ Nama File Yang Akan Diubah ] [ Nama File Yang Diubah ]

Menyalin File
Untuk Menyalin / mengcopu file gunakan command dibawah ini. Perintah Tree digunakan untuk melihat directory apa aja yang ada di directory.
copy [ Nama File ]  [ Nama Directory Tujuan ]

Masuk ke directory tujuan dari file yang di salin, lalu lihat apa file yang di salin ada apa tidak


Memindahkan File
Untuk Memindahkan File gunakan peritah dibawah ini. Perintah Tree digunakan untuk melihat directory apa aja yang ada di directory.
move [ Nama File ] [Nama Directory Tujuan ]

Lalu masuk ke directory tujuan. Lihat apakah file yang dipindahkan ada apa tidak


Menghapus File
Untuk menghapus File gunakan command dibawah ini
del [ Nama File ]



Itulah beberapa perintah untuk berpindah directory, menampilkan isi directory, menghapus directory, mengcopy / menyalin file, memindahkan file, mengubah nama dile dan menghapus file. Semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »