Perintah - Perintah Dalam Command Prompt Yang Berkaitan Dengan Jaringan


Pada kesempatan kali ini, admin akan sharing mengenai materi tentang "Perintah - Perintah Dalam Command Prompt Yang Berkaitan Dengan Jaringan". Command Prompt yang disingkat CMD kalau dari pengertian wikipedia adalah adalah baris perintah penerjemah (baris perintah yang dieksekusi ke sistem operasi yang disediakan oleh Microsoft.

Jadi CMD adalah adalah tool bawaan yang sudah disediakan oleh microsoft yang bersifat Command Line Interface (CLI). CLI itu sendiri adalah antarmuka pada sistem operasi yang menggunakan baris perintah atau text. Dalam berinteraksi dengan sistem operasi pengguna hanya dapat menggunakan keyboard dengan cara mengetikan perintah (Command) tertentu.

Banyak hal yang dapat dilakukan dari CMD seperti mempercepat kecepatan koneksi internet kita, melihat alamat IP kita,mengatur time/waktu si komputer untuk shutdown atau restart,mengcopy / menyalin file, memindahkan file, mengubah nama dile dan menghapus file,dan lain - lain.

Dalam postingan kali ini, admin akan menjelaskan 5 perintah dalam command prompt (CMD) yang berkaitan dengan jaringan seperti ipconfig, netstat, ping, tracert dan nslookup. Berikut penjelasannya:

Karena kita melakukan dengan CLI, jadi pertama tama masuk ke CMD


Ipconfig
Ipconfig adalah salah satu perintah dalam Windows yang berfungsi untuk menampilkan konfigurasi IP pada sebuah komputer. Dengan begitu kita dapat melihat informasi konfigurasi apa saja yang telah diatur di network adapter pada sebuah komputer.
ipconfig

Netstat
Netstat adalah perintah command prompt yang berfungsi menampilkan statistik koneksi / layanan jaringan yang sedang dipakai di sebuah komputer. 
netstat

Ping
Ping adalah command yang digunakan untuk melakukan pengecekan status komputer pada jaringan, apakah terkoneksi apa tidak ke salah satu jaringan. Selain itu, kita juga dapat mengetahui kecepatan koneksi internet, menstabilkan koneksi internet, dan masih banyak lagi.
ping  [ Alamat IP ]

Tracert
Tracert adalah perintah yang digunakan untuk menunjukkan jalur / rute yang dilewati paket untuk menuju ip/host tujuan
tracert [ Ip / Host Tujuan ]

Nslookup
Nslookup memiliki banyak fungsi. Salah satunya adalah berfungsi untuk mengetahui alamat IP dari sebuah domain. Nslookup sering dipakai untuk mendiagnosa permasalahan jaringan yang berkaitan dengan DNS ( Domain Name System )
nslookup


Itulah 5 perintah dalam command prompt (CMD) yang berkaitan dengan jaringan seperti ipconfig, netstat, ping, tracert dan nslookup. Semoga bermanfaat
Previous
Next Post »