Perbedaan Windows Server 2012 R2 standrad dan datacenter yang GUI maupun CORE






OK kali ini saya ingin menjelaskan tentang windows  mamberi kesmpulan tentang windows server 2012. dan memberi kesimpulan tentang perbedaan windows server 2012 R2 standard dan datacenter yang GUI dan CLI (CORE)

Sebenarnya hanya 2 yaitu Windows Server Standard dan Windows Server Data Center namun setiap jenis tadi, dibagi lagi menjadi 2 yaitu GUI dan CORE ( CLI ). Jadi totalnya ada 4 jenis windows server. nah Insya Allah saya akan menjelaskan perbedaan keempat kenis windows server ini

Mungkin bagi kalian yang pertama kali menginstall windows server mungkin kebingunagan saat memilih installasi yang mana yang harus dipilih. Disini saya akan menjelaskannya
Didalam 4 pilihan pada gamba diatas terdapat 2 jenis pada setiap edisi yaitu server core installation (CLI) dan GUI installlation. setiap piihan itu pastinya berbeda. Contoh anda memilih windows server Standard Evaluation (core installation) maka yang akan ada dapatkan ialah dalam betuk CLI ( Command Line Interface ) dan sebalikya jika anda memilih sever GUI installation maka yang akan anda dapatkan ialah dalam bentuk grapik / gambar.

Terus bedanya standard dengan datacenter adalah fitur dana space. Semua ini tergantung kebutuhan si user itu sendiri. Dengan  mengisntall server core maka kita akan mendapatkan fitur-fitur yang lebih sedikit daripada versi gui. Contoh yang lain ialah saat kita akan menjalankan beberapa konfigurasi/tools, kita hanya membutuhkan space yang lebih sedikit dan juga lebih stabil karena tidak terlalu banyak memakan memory sebaliknya dengan menggunakan versi gui yang harus memiliki space yang lebih besar karena memiliki fitur yang lebih banyak. Jadi bisa diiabrat kan seperti menggunakan OS pada umumnya.

Kesimpulan yang didapat dari penjelasan diatas
Hasil gambar untuk windows server standard


Windows Server 2012 Standard

Edisi Standard ini, sebenarnya memiliki fitur yang (kurang lebih)sama dengan Data Center. Perbedaannya ada pada pembatasan jumlah lisensi Virtual Machine yang dapat diberikan, yaitu hanya 2 lisensi virtual.







Windows server 2012 Datacenter
Sesuai dengan namanya, edisi ini cocok untuk perusahan besar menjadikannya OS Server Data Center. Edisi ini memiliki unlimitedlisensi virtual.
Kesimpulan





Windows Server 2012 Core Installation
Pilihan installasi ini dapat mengurangi service yang berjalan, menginstall dengan option ini, server dapat berjalan stabil lebih lama, dan pemakaian ram bisa di optimalkan dibandingkan dengan GUI. Hal ini dikarenakan server hanya menjalankan Server Roles dan Application yang dibutuhkan untuk melayani permintaan Client dan tidak menyediakan tampilan desktop sehingga lebih ringan untuk dijalankan.

Windows Server 2012 GUI Installation
Pilihan installasi ini dapat berguna ketika benar-benar dibutuhkan, misalnya ingin memberikan kompatibelitas penuh terhadap aplikasi yang tidak dapat berjalan di Core Installation.




Kesimpulan 

Dari penjelasan diatas, sebenarnya apapun jenis windows server nya. setiap jenis windows server entah itu standard maupun datacenter dan GUI taupun CORE itu semua memiliki keunggulan masing -masing yang dimiliki oleh windows server tersebut. Nah itu kembali lagi kepada kebutuhan dan kemampuan kita sebagai user
Previous
Next Post »