Cara Setting Format Ethernet0 menjadi Ethernet1 di GNS3


Pada kesempatan kali ini, admin akan mensharing mengenai cara setting format Ethernet0 menjadi Ethernet1 di GNS3. Untuk materi ini mungkin ada beberapa orang yang sudah mengetahuinya. Akan tetapi, masih ada pula beberapa orang yang masih belum mengetahui. Untuk itu, Admin mencoba untuk menjelaskan cara mengganti eth0 menjadi eth1. 


Sebenarnya Ethernet0 di GNS3 sama dengan Ethernet1 pada semua tipe device, ethernet1 sama dengan ethernet 2. dan begitu pula seterusnya.  

Berikut caranya : 
1) Pertama-tama, buka GNS3. Pilih "Edit" setelah itu "Preferences"


2) Sekarang kita pilih VM mana yang akan kita setting. Pada tutorial ini, admin mengubah settingan pada VM Real Mikrotik. Untuk klik "Edit"


3) Ini tampilan awal (sebelum dikonfigurasi). Jadi pada VM Real Mikrotik ini terdapat 1 adapter dengan Format awal Ethernet0 sebagai port1


4) Ini adalah tampilan setelah dikonfigurasi. Jadi, pada VM Real Mikrotik ini mempunya 7 adapter dengan format awal yaitu ethernet1 sebagai port1. Lalu klik "OK"


5) Kita bisa lihat konfigurasi yang kita lakukan sebelumnya. Setelah itu kita "Apply" lalu "Ok"


6) Setelah itu drag kembali VM yang sudah kita setting sebelumnya. Bisa dilihat bahwa VM Real Mikrotik sudah memiliki 7 Adapter dengan Ethernet0 berubah menjadi ethernet1













Cukup sekian materi cara setting format ethernet0 menjadi ethernet1 di GNS3 yang dapat saya sharing

Tunggu tutorial selanjutnya
Terima kasih sudah berkujung
Mohon maaf kalau ada kekurangan dan 
Semoga bermanfaat
Previous
Next Post »