[CentOS 7] Lab 8.9 Konfigurasi Mod_Proxy backhend dan Frontend Path (Apache Web Server)


Pada kesempatn kali ini, admin dari blog ini mau sharing mengenai Konfigurasi Mod_Proxy backhend dan Frontend Path (Apache Web Server).

Topologi
Berikut topologi yang digunakan untuk tutorial kali ini

Pada topologi diatas, admin punya 2 server. Yang pertama sebagai controller dan yang satunya lagi sebagai node. Server si node ini berguna untuk merespon permintaannya client yang hasilnya memberikan kepada controller untuk ditampilkan ke browser client. Si controller ini berfungsi meneruskan permintaan client ke node1 dan meneruskan hasil data (website) dari node ke client dan juga berfungsi sebagai pengontrol web server. dan Si node ini berfungsi memberikan (merespon) hasil request dari client. Maksudnya, saat si client merequest halaman web server pada controller, akan tetapi datanya itu tida ada pada controller namun ada pada si node. Untuk melakukan tutorial ini, si server controller maupun node sudah terinstall Apache. Untuk yang belum tau cara installasi Apache bisa dilihat di postingan sebelumnya Lab 8.1 Installasi dan konfigurasi HTTP Server (Apache) 

Konfigurasi Server Controller
1) Cek terlebih dahulu module proxy balancernya ada (aktif) atau tidak pada httpd. Lalu akan muncul hasilnya seperti pada gambar dibawah ini.
grep "mod_proxy" /etc/httpd/conf.modules.d/00-proxy.conf

2) Setelah itu, buat dan edit file dengan format .conf yang nantinya file tersebut berisi konfigurasi backend. masukkan command berikut.
nano /etc/httpd/conf.d/[Nama File].conf

3) Tambahkan script seperti gambar dibawah. Pada konfigurasi backend, admin tambahkan IP Address si server node1 yang digunakan untuk menandai server backend (node1).


4) Lakukan restart httpd.
systemctl restart httpd

Setting IP Address Server Node 1
1) Pertama-tama, setting IP address pada server node1. Sesuai topologi diatas, admin mengunakan IP address 192.168.1.210/24. Untuk DNS Servernya diarahkan ke IP address server controllernya yaitu 192.168.1.110


2) Disarankan untuk mengganti hostname si server node1. Disini admin menggunakan nama fiqih_Node1 sebagai hostname si server node1. Jangan lupa untuk lakukan reboot si server.


3) Verifikasi IP dan hostname si server node1
ip address


Konfigurasi Server Node 1
1) Edit file index.html yang berada di directori /var/www/html. Masukkan command berikut
nano /var/www/html/index.html

2) Untuk isi file index.html nya. Tambahkan sintak(code) HTML.


3) Verfikasi pada client, DNS Server pada client di arahkan ke IP address si Server contoller yaitu 192.168.1.110. Lalu lakukan verifikasi akses melalui web browser. Maka akan tampil isi dari code HTML yang ada di file index.html







Cukup sekian materi Konfigurasi Mod Proxy backhend dan Frontend Path (Apache Web Server) yang dapat saya sharing

Tunggu tutorial selanjutnya
Terima kasih sudah berkunjung
Mohon maaf jika ada kekurangan dan
Semoga bermanfaat
Previous
Next Post »