Web Server | Istilah Istilah Dalam Jaringan


Materi yang akan saya bahas pada kali ini masih dalam satu lingkup dengan materi sebelumnya yang bertemakan Istilah-Istilah Dalam jaringan. Khusus untuk postingan kali ini saya akan membahas mengenai Web Server. Web Server merupakan sebuah software dalam server yang berfungsi melayani permintaan (request) Web browser client melalui protokol HTTP atau HTTPS, yang kemudian mengirimkan kembali (respon) hasil permintaan client berupa data (dokumen) dalam bentuk halaman-halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML.

Web Server itu sendiri mempunyai protokol yang digunakan untuk berkomunikasi dengan pengguna web browser (client), Yaitu Hypertext Transfer Protocol yang disingkat HTTP atau Hypertext Transfer Protocol Secure yang disingkat HTTPS. Dengan ini komunikasi antar web server dengan web browser (client) saling berhubungan dan dapat saling dimengerti.

Fungsi Web Server
Fungsi dari Web server adalah menerima requset dari client dan meresponnya melalui browser dengan berupa dokumen seperti teks, gambar,video, audio, file dan lain sebagainya yang dikirim melalui protokol HTTP (Hypertext Transmit Protocol) / HTTPS (Hypertext Transmit Protocol Secure) dan ditampilkannya dihalaman Web browser client. Oleh sebab itu, Web server hanya akan memproses semua permintaan yang diperolehya dari web browser (client) nya

Jadi, saat kita meminta untuk mendapatkan akses pada sebuah situs website di browser (chrome, mozilla dan lain-lain). Pada saat itu, browser akan mengirim permintaan (request) ke web server. Web server pun merespon dengan mencarikan data-data (dokumen) yang diminta oleh browser(client). setelah itu, data tersebut akan dikirim dan ditampilkan di halaman web brwoser clietn atau tidaik diberikan (dikirim) jika data tersebut tidak ditemukan / tidak ada

Proses Membuka Halaman Website
Singkatnya, Proses tersebut dimulai dari permintaan Web browser client yang diterima oleh Web server, dan di proses, lalu dikembalikan hasil dari proses tersebut oleh web server ke web browser client. Untuk lebih jelasnya, hal pertama yang dilakukan oleh Web Browser saat kita mengetikan (mengakses) alamat suatu website di browser kita. Contohnya http://www.iyanamalu.com/folder/indec.html, yaitu dengan memecah URL (Universal Resource Locator) tersebut menjadi beberapa komponen

Berikut komponen dari contoh URL di atas adalah:
  1. HTTP, komponen ini adalah cara web browser (client) dapat berkomunikasi dengan web server dalam hal ini menggunakan protokol HTTP
  2. http://www.iyanamalu.com/, komponen ini digunakan untuk mencari lokasi web servernya ada dimana.
  3. /folder/index.html, komponen ini menentukan lokasi dokumen di web server yang akan kita buka
Dikarenakan komputer hanya dapat berkomunikasi dengan komputer lain menggunakan IP address bukan dengan nama host. Maka nama host tersebut harus diterjemahkan menjadi IP address. Dengan cara :  Melihat ke DNS server, DNS Server memiliki database yang berisi pemetaan nama host dengan IP Addressnya, Setelah IP diketehui, komputer akan menghubungi web server dan meminta dokumen yang diminta oleh web browser client. jika dokumen yang diminta ditemuakan (ada) maka web server akan memberikan dokumen tersebut, dan komputer akan menampilkan di web browser

Berikut beberapa contoh Web browser yang paling banyak digunakan beserta penjelasannya (Wikipedia):

  • Apache
  • Server HTTP Apache atau Server Web/WWW Apache adalah server web yang dapat dijalankan di banyak sistem operasi (Unix, BSD, Linux, Microsoft Windows dan Novell Netware serta platform lainnya) yang berguna untuk melayani dan memfungsikan situs web. Protokol yang digunakan untuk melayani fasilitas web/www ini menggunakan HTTP.

    Apache memiliki fitur-fitur canggih seperti pesan kesalahan yang dapat dikonfigur, autentikasi berbasis basis data dan lain-lain. Apache juga didukung oleh sejumlah antarmuka pengguna berbasis grafik (GUI) yang memungkinkan penanganan server menjadi mudah.

    Apache merupakan perangkat lunak sumber terbuka dikembangkan oleh komunitas terbuka yang terdiri dari pengembang-pengembang dibawah naungan Apache Software Foundation.

    Kelebihan dan Kekurangan
    1. Open Source
    2. Proses instalasinya mudah
    3. Mudah untuk dikustomisasi (Apache hanya punya 4 file konfigurasi) ataupun menambah peripheral dalam web servernya
    4. Bisa digunakan di berbagai platform mesin dari mainframe sampai embedded system
    5. Ada komunitas yang besar sehingga mudah mencari solusinya jika ditemukan masalah
    6. Mudah dicari di internet
    7. Server Apache otomatis berkomunikasi dengan clientnya untuk mendapatkan tampilan web terbaik
    8. Keamanannya bagus dan bisa menggunakan SSL (Secure Socket Layer)
    9. Tidak bisa mengatur load seperti IIS sehingga akan terus memfork proses baru sampai dalam batas yang diijinkan OS. Akan memudahkan penyerang karena RAM akan cepat habis
    10. Mudah diserang oleh DoS (pada Apache versi 1.3 dan versi 2 sampai versi 2.0.36)
    11. Apache tidak memproses karakter kutip dalam string Referrer dan User-Agent yang dikirimkan oleh Client. Ini berarti Client dapat memformulasi inputnya secara hati-hati untuk merusak format baris log akses
  • Internet Information Services (IIS)
  • IIS atau Internet Information Services atau Internet Information Server adalah sebuah HTTP web server yang digunakan dalam sistem operasi server Windows, mulai dari Windows NT 4.0 Server, Windows 2000 Server atau Windows Server 2003. Layanan ini merupakan layanan terintegrasi dalam Windows 2000 Server, Windows Server 2003 atau sebagai add-on dalam Windows NT 4.0. Layanan ini berfungsi sebagai pendukung protokol TCP/IP yang berjalan dalam lapisan aplikasi (application layer). IIS juga menjadi fondasi dari platform Internet dan Intranet Microsoft, yang mencakup Microsoft Site Server, Microsoft Commercial Internet System dan produk-produk Microsoft BackOffice lainnya.

    IIS telah berevolusi semenjak diperkenalkan pertama kali pada Windows NT 3.51 (meski kurang banyak digunakan) hingga IIS versi 6.0 yang terdapat dalam Windows Server 2003. Versi 5.0 diintegrasikan dalam Windows 2000, sedangkan Windows XP Professional memiliki IIS versi 5.1. Windows NT 4.0 memiliki versi 4.01 yang termasuk ke dalam add-on Windows NT Option Pack. Dalam Windows NT 4.0 Workstation atau Windows 95/98, IIS juga dapat diinstalasikan sebagai Microsoft Personal Web Server (PWS).

    Kelebihan dan Kekurangan
    1. Lebih kompatibel dengan Windows karena memang IIS adalah keluaran Microsoft
    2. Unjuk kerja untuk PHP lebih stabil, handal, dan cepat
    3. Adanya kemampuan diagnostik untuk pelacakan kesalahan (bisa dikustomisasi)
    4. Untuk platform .NET, user hanya bisa menggunakan IIS
    5. Memiliki score tertinggi dari web server lainnya untuk masalah bug
    6. Tidak gratis (web server berbayar)
    7. Port 80 (Port untuk layanan web) sangat mudah diserang oleh cracker
    8. Keamanan file log juga sangat mudah ditembus sehingga system password pun akan mudah didapatkan
  • LiteSpeed Web Server
  • LiteSpeed Web Server adalah produk inti perusahaan, web server yang ringan, dan mampu membaca konfigurasi Apache secara langsung. Perangkat lunak umumnya digunakan bersama dengan control panel web hosting, untuk menggantikan apache sebagai web server. LiteSpeed web server tersedia untuk Linux, Mac OS X, Solaris, dan FreeBSD. Rilis stabil terakhir adalah 5.0 yang dirilis pada bulan April 2015. LiteSpeed Web Server mendukung kedua SPDY / 3.1 dan HTTP baru / 2 jaringan protokol.

  • Zeus Web Server
  • Zeus Web Server adalah server web proprietary untuk Unix dan Unix-seperti platform (saat Solaris, FreeBSD, HP-UX dan Linux). Dukungan untuk AIX, Tru64, dan Mac OS X dijatuhkan pada tanggal 10 Juni 2008. zeus tampaknya mati karena belum diperbarui sejak Januari 2010 , dan perusahaan tidak lagi menawarkan solusi server yang sama.

    Hal ini dikembangkan oleh Zeus Technology, sebuah perusahaan perangkat lunak yang berlokasi di Cambridge, Inggris. Para penulis asli dan pendiri perusahaan adalah University of Cambridge lulusan Damian Reeves dan Adam Twiss.Zeus didesain untuk menjadi web server kinerja tinggi dan sering digunakan oleh vendor hardware mengirimkan SPECweb99 tolok ukur untuk hardware mereka. 

    Selain melayani konten statis, Zeus mendukung konten dinamis melalui CGI, FastCGI, Apache JServ, ISAPI, NSAPI, mod_perl, SSI dan Otentikasi Zeus Terdistribusi dan Konten (ZDAC), sebuah protokol FastCGI seperti proprietary. Sementara Zeus terutama bersaing dengan  server web komersial lainnya seperti Server Web Sistem Sun Java, juga mengklaim tingkat tinggi kompatibilitas dengan Apache HTTP Server (misalnya htaccess dan. Mod_rewrite), dengan harapan bahwa pengguna apache akan bermigrasi ke Zeus Mempertahankan kehadiran web handal yang berupaya dengan tekanan bisnis saat ini, serta tantangan di masa depan, bukanlah tugas yang mudah. 

  • Apache Tomcat
  • Apache Tomcat adalah server web berbasis opensource yang mendukung untuk penggunaan JSP (Java Server Pages). Secara default, server tomcat ini belum memiliki package admin, sehingga tidak ada akses untuk admin. Yang ada hanyalah tomcat manager untuk memdeploy aplikasi web melalui file .war dari java web.

    Ketika kita berusaha masuk ke URL admin ada keterangan Tomcat's administration web application is no longer installed by default. Download and install the "admin" package to use it. Hal itu dikarenakan tidak ada package admin dalam apache tomcat tersebut. Akses administration server tomcat ini bisa untuk setting JNDI. Java Naming and Directory Interface (JNDI) adalah sebuah API yang mendeskripsikan library Java yang standar untuk mengakses layanan naming dan directory seperti Domain Naming Service (DNS), dan Lightweight Directory Access Protocol (LDAP).

    Apache Tomcat merupakan implementasi software open source dari Java Servlet dan JavaServer Pages teknologi. Java Servlet dan JavaServer Pages spesifikasi yang dikembangkan di bawah Java Community Process.


    Selain itu, jika anda ingin untuk melihat konfigurasi Web Server (IIS) di Windows Server 2012, bisa dilihat di LAB 7 . KONFIGURASI HTTPS DI WINDOW SERVER 2012 dan LAB 7. CARA MENAMBAHKAN ROLE HTTPS DI WINDOWS SERVER 2012







    Tunggu tutorial selanjutnya 
    Terima kasih sudah berkunjung.
    Mohon maaf jika ada kekurangan dan
    Semoga bermanfaat
    Previous
    Next Post »