Installasi Mkrotik CHR Free License di Virtualbox


Pada kesempatan kali ini, admin dari blog ini akan sharing cara menginstall Mikrotik CHR di virtual box. Sebelum masuk ke konfigurasi saya akan menjelaskan apa itu Mikrotik CHR? Cloud Hosted Router (CHR) adalah fitur baru yang dikeluarkan mikrotik. Pada dasarnya fitur ini bukanlah fitur yang terdapat pada menu RouterOS, melainkan sebuah file image yang digunakan di aplikasi VM (Virtual Machine). Mikrotik ingin memberikan solusi bagi pengguna RouterOS yang berbasis Virtual Machine. Walaupun bisa dibilang masih sebuah "Test Version", namun memiliki performa yang bagus. Mungkin diantara kita yang sering 'bermain' dengan VM, tentu tidak asing lagi menjalankan RouterOS pada perangkat PC yang didalamnya terdapat Host Operating System, seperti Windows, Linux, MacOS.

Ketika kita melakukan installasi Mikrotik pada VM, kita mendapatkan mikrotik Trial Version selama 23 jam. Padahal kita ingin menggunakannya lebih lama (Full Functionality). Sedangkan untuk mendapatkannya, kita harus membeli lisensi baru dan menambahkan di RouterOS tersebut.

Dengan hadirnya Cloud Hosted Router (CHR), kita tidak perlu lagi melakukanhal diatas alias membeli lisense nya agar mendapatkan full functionality. Kita tinggal menginstall pada VM maka kita tidak akan melihat lagi tulisan trial version karena mikrotik telah menyertakan sebuah lisensi pada CHR dengan kategori Lisensi Free. Selain itu CHR ii memiliki base platform PCx86_64.
(Sumber ; www.mikrotik.co.id)

Berikut Installasi Mikrotik CHR di Virtualbox

1) Pertama-tama, buka Software VirtualBox. Karena tujuan admin adalah untuk menginstall Mikrotik CHR (Klik "New"). Oleh sebab itu, Admin tambahkan Virtual Machine (VM) baru dengan nama Mikrotik CHR 10 (Pemberian Nama bebas). Setelah selesai menentukan nama, tipe, dan versi, klik "Next" untuk memulai membuat VM Mikrotik CHR 10 nya.


2) Tentukan pemberian besar memori RAM untuk si VMnya, Pilih saja yang direcomendasikan yaitu 64 MB. Setelah itu klik "Next" untuk ke tahap selanjutnya.


3) Pada tahap ini, masukkan file .vdi nya. Pilih Opsi yang bertuisan "User an exixting Virtual Hard disk file" Klik "Browser"


4) Setelah itu, pilih vdi mikrotik VDI nya .


5) Setelah itu klik "Create"


6) Sebelum kita start mikrotiknya. kita setting terlebih dahulu Paravirtualization Interfacenya menjadi KVM. Klik "OK"


7) Setelah itu, kita "Start" mikrotiknya


8) Setelah itu, masukkan username dan passwordnya


9) Verifikasi Licensi mikrotik free











Cukup sekian materi installasi mikrotik CHR free lisensi di Virtualbox yang dapat saya sharing

Tunggu tutorial selanjutnya
Terima kasih sudah berkunjung
Mohon maaf kalau ada kekurangan dan 
Semoga bermanfaat
Previous
Next Post »