Installasi Qemu VM Serta Menjalankan VM Virtualbox Di GNS3


Pada kesempatan kali ini, adin dari blog ini akan sharing mengenai cara installasi dan menambahkan Qemu Serta menjalankan VM yang telah dibuat di virtual box dengan menggunakan GNS 3. Apa iu Qemu? Qemu adalah aplikasi yang digunakan untk menjalankan Virtual Machine (VM). Bisa dikatakan bahwa fungsinya sama seperti aplikasi virtual box. Disini admin akan menginstal qemu Mikrotik di GNS3. untuk itu pastikan sudah menginstall GNS3 dan pastikan juga punya ISO mikrotiknya.

Komponen yang diperlukan :
1. ISO Mikrotik
2. Aplikasi GNS3
3. Aplikasi VirtualBox
4. Virtualbox VM Mikrotik

Setelah semua bahan yang diperlukan sudah disiapkan. Sekarang kita langsung ke tahap installasi.

Installasi Serta Menambahkan QEMU VM
1) Copy ISO Mikrotik yang sudah di download sebelumnya ke file qemu-0.11.0 di directori installan GNS3. 


2) Setelah itu jalankan CMD dengan administrator. Caranya tekan tombol (Windows+x) lalu pilih Command Prompt (admin). Setelah itu, masuk ke directori Qemu yang berada di directori installan GNS3
cd C:\Program Files\GNS3\qemu-0.11.0

3) Pada tahap ini, admin akan membuat file.img. Masukkan Command berikut.
qemu-img.exe create -f qcow2 mikrotik.img 128M
Penjelasan:
>>   Perintah qemu-img.exe create = command yang berfungsi untuk membuat file.img nya
>>   Perintah qcow2 = adalah format dari disk image yang digunakan qemu
>>   Perintah mikrotik.img = adalah nama file .img yang nanti kita buat. Disini admin memberi nama mikrotik.img
>>   Perintah 128M = adalah ukuran harddisk untuk mikrotik.img tersebut.

4) Selanjutnya kita isi file mikrotik.img yang tadi dibuat dengan ISO mikrotik. Masukkan command berikut 
qemu.exe (file format .img) -boot d -cdrom (Nama file ISO) 

5) Setelah itu akan, tampil secara otomatis terbuka aplikasi qemu yang menjalankan file mikrotik.img yang didalamnya sudah terdapat OS mikrotik yang akan diinstal di qemu. Seperti gambar diabawah ini


5) Lakukan installasi mikrotik. Pada tahap ini pilih fitur-fitur yang akan diinstall di mikrotik. Jika kalian ingin semua fitur ini diinstall, tekan saja huruf "a". Setelah itu tekan huruf "i" untuk mulai menginstallnya. Lalu akan muncul beberapa pertanyaan seperti pada gambar dibawah ini. pilih yes (tekan "y"). Lakukan seperti gambar dibawah ini 


6) Sekarang kita tambahkan QEMU VMs Mikrotik ke software GNS3. Dengan cara klik Edit >> Preferences >> Tab Qemu VMS > Klik "New"


7) Masuukan nama untuk QEMU VM. Pada tutorial ini admin memberi nama Mikrotik Fiqih untuk QEMU VM yang admin buat. klik "Next"


8) Setting ukuran RAM nya. Disini admin cukup memberi RAM sebesar 64MB. Lalu klik "Next"


9) Setelah itu masukkan file format .imgnya (mikroik.img) yang telah dibuat sebelumnya. Dengan cara klik "Browser" lalu arahkan file mikrotik.img. klik "Open"


10 ) Pilih "Yes" untuk mengcopy file mikrotik.img ke dala direktori images default. klik "Finish"


11) Setelah itu, admin akan mengubah symbol gambar QEMU VM Mikrotik Fiqih yang sebelumnya berupa symbol PC menjadi Symbol router. Klik "Edit" lalu "Browse".


12) Setelah itu default name format yang sebelum adalah Nama menjadi Router. Jadi saat kita mengedrag VM Mikrotik Fiqih nya nanti akan keluar seperti Router 1


13) Pilih symbol yang akan dipakai. Karena si admin ingin mengubah symbolnya menjadi router. Jadi, admin search dan tambahkan symbol router. Klik "Ok"

14) Verifikasi Qemu VM Mikrotik fiqih sudah ditambahkan ke dalam GNS3. Lalu klik "Apply" dan "Ok"


15) Verifikasi Mikrotik Fiqih siap untuk dikonfigurasi di GNS3


16) Selanjutnya kita akan jalankan Qemu VM mikrotik Fiqih tersebut dengan cara mengedragnya. Lalu jalankan dengan klik symbol play. Atau klik symbol Mikrotiknya 2x


17) Secara otomatis akan terbuka. Mikrotik Fiqih siap dikonfigurasi

18) Sekarang kita coba lewat si Qemu. Caranya buka CMD administrator. lalu. masuk ke direktori qemu-0.11.0. Setelha itu masukkan command berikut
qemu.exe mikrotik.img -boot c

19) Verifikasi menjalankan mikrotik di GNS3 dengan qemu. Mikortik Fiqih siap dikonfigurasi



Menjalankan Virtualbox VM di GNS3
1) Pertama-tama Install terlebih dahulu Virtualbox VM (Virtual mechine) yang akan dijalankan di GNS3. Pada tahap ini, admin sudah menginstall VM mikrotik dengan nama Real Mikrotik sebelumnya. Mikrotik ini akan admin ajalankan di GNS3.


2) Buka terlebih dahulu GNS3 yang udah diinstall sebelumnya.


3) Untuk menjalankan VM Virtual box di GNS3 kita harus tambahkan (daftarkan) VM tersebut ke GNS. Caranya klik "Edit" lalu "Preferances"


4) Pilih VirtualBox VMs untuk menambahkan VM mikrotik di virtualbox ke GNS3. Pada tahap ini kita membutuhkan koneksi internet untuk me-link kan GNS3 dengan Virtual box klik "New". 


5) Masukkan VM yang akan ditambahakn di GNS3. Karena tujuan admin adalah menambahan VM mikrotik yaitu Real Mikrotik. Maka yang dimasukkan adalah nama dari VM tersebut Jika sudah selesai klik "Finish"


6) Setelah itu, admin akan mengubah symbol gambar VM Real Mikrotik yang sebelumnya berupa symbol PC menjadi Symbol router. Klik "Edit" lalu "Browse"


7) Pilih symbol yang akan dipakai. Karena si admin ingin mengubah symbolnya menjadi router. Jadi, admin search dan tambahkan symbol router. Klik "Ok"


8) Setelah selesai, klik "Apply" lalu "Ok"


9) Verifikasi VM Mikrotik Virtualbox di GNS3


10) Selanjutnya kita akan jalankan VM mikrotik tersebut dengan cara mengedragnya. Lalu jalankan dengan klik symbol play.


11) Maka secara otomatis GNS3 menjalankan mikrotik yang telah terinstall di virtualbox.













Cukup sekian materi Installasi an menambahkan  Qemu VM serta menjalankan virtualbox VM menggunakan GNS3 yang dapat saya sharing

Tunggu tutorial selanjutnya
Terima kasih sudah berkujung
Mohon maaf kalau ada kekurangan dan 
Semoga bermanfaat
Previous
Next Post »