Istilah-Itilah lama Jaringan | Mail Server


Pada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan mengenai Apa itu Mail Server?. Materi ini patut diketahui oleh seseorang yang memanajemen suatu jaringan. Dalam postingan ini, saya akan membahas dari definisi, fungsi, protokol dan cara kerjanya. Untuk itu, saya sarankan untuk membaca semua sampai selesai.

Dengan majunya teknologi dibidang informasi dan komunikasi, Banyak hal yang terkena dampak dari teknologi itu sendiri di dalam kehidupan manusia terutama di bidang informasi dan komunikasi. Hal tersebut akan bermanfaat karena teknologi itu mampu mengembangkan sesuatu yang dapat memudahkan sesorang. Sebagai contoh, kirim-mengirim surat. Orang tidak perlu lagi bersusah payah untuk mengirim. Karena itu akan membutuhkan waktu yang lama, tidak aman dan tidak praktis. Untuk itu gunanya teknologi. Maksudnya, ada cara lain untuk dapat melakukan kirim-mengirim surat secara cepat, aman dan praktis yang tentu menggunakan teknologi canggih dapat. Yaitu, dengan menggunakan Eletronik mail (E-mail). Kenapa ? Karena dengan menggunakan teknologi tersebut (E-mail) pengirim diberikan kemudahan dalam hal surat menyurat secara cepat, aman dan praktis dengan menggunakan media internet sebagai perantara. Email dianggap lebih praktis, cepat dan efisien dibanding mengirimkan surat melalui kantor pos. Dengan penjelasan diatas dapat disimpulkan teknologi sangat berperan penting dalam kehidupan manusia zaman sekarang.

Definisi Mail Server 
Eletronik mail atau bisa disingkat sebagai e-mail, merupakan sebuah metode untuk mengirimkan pesan dalam bentuk digital yang dikirim melalui jaringan internet sebagai perantaranya. Mail server ini memberikan layanan kepada pengguna (user) internet berupa layanan email. Jadi Mail Sever itu adalah sebuah server yang memberikan layanan kepada pengguna user untuk dapat melakukan kegiatan kirim mengirim surat eletronik (email) melalui jaringan internet sebagai perantaranya.

Mail server biasanya dikelola oleh seseorang progremer yang disebut Post Master yang memilki tugas sebagai berikut :
~  Mengelola Account
~  Memonitoring Kinerja Server
~  Dan Tugas Administratif lainnya

Protokol Mail Server
Berikut protokol yang digunakan Mail server sebagai berikut:
  • SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) port 25, merupakan portokol yang digunakan untuk mengirim email (komunikasi antar mail server) dan tidak digunakan untuk berkomunikasi dengan client. 
  • IMAP (Iternet Message Access Protocol) port 143, Sebuah aplikasi yang memungkinkan client untuk dapat mengakses emal yang ada di server.
  • POP3 (Post Office Protocolport 110, fungsi sama dengan IMAP, akan tetapi memiliki karateristik yang berbeda delam cara mengaksesan pada server
Untuk dapat melakukan tugasnya, Mail server harus dapat melayani pengiriman email menggunakan protokol SMTP, derta mampu melayani client yang ingin mengakses email dengan menyediakan IMAP atau POP3

Kelebihan Mail Server
~  Lebih mudah, cepat dan efisien
~  Mudah mengatur account
~  Menghemat bandwidth
~  dll

Kekurangan Mail Server
~  Kurangnya keamanan (unsecure)
~  dll

Server Mail Server
Terdapat 2 server yang digunakan pada Mail Server:
>>  Outgoing Server (Sending Email) : Protokol server yang menangani adalah SMTP
>>  Incoming Server (Receiving Email) : Protokol serevr yag menangani adalah POP3 atau IMAP

Prinsip Kerja Mail server
Berikut prinsip kerja Mail Server (wikipedia) :
  1. Jika ada mail local maupun mail remote yang mepergunakan SMTP, diletakkan kedalam direktori   /var/mail/postfix/maildrop.
  2. Di sini akan dicek host, domain, maupun user name yang dituju. Pengecekan juga termasuk yang didefinisikan di /etc/aliases dan ~/.forward. Jika bermasalah, mail akan dikembalikan ke pengirim. Bisanya ada satu tembusan ke postmaster.
  3. Dari maildrop, mail akan di clean up dengan menambah header dan meletakkan di direktori /var/mail/postfix/imcoming. Disini program queue manager akan diaktifkan.
  4. Queue manager akan memisahkan mail-mail yang ditujukan untuk jaringan local dan mail yang ditujukan untuk host jaringan remot. Jika ada mail yang macet, Queue Manager akan memilahnya sehingga tidak mempengaruhi pengaturan mail lainnya.
  5. Trivial-rewrite adalah program yang dipanggil oleh Queue Manager untuk resolving alamat dari tujuan surat.
  6. Software client mail yang digunakan adalah squirrelmail versi 1.4.20. squirrelmail 1.4.20 merupakan client mail berbasis web. Keuntungan client mail berbasis web yaitu user tidak perlu mengatut konfigurasi mail client. Sehingga user cukup hanya mengetahui user name, password, dan URL/IP address ke mail client.











Tunggu tutorial selanjutnya 
Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon maaf jika ada kekurangan dan
Semoga bermanfaat
Previous
Next Post »